Selasa, 17 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Pekan Ini Perhatian Tertuju Ke Jepang

Senin, 18 Mei 2015 8:18 WIB
Dibaca 2108

Monexnews - Jepang akan merilis beberapa data ekonomi serta rapat kebijakan moneter dari Bank of Japan pekan ini, sehingga perhatian pelaku pasar modal akan tertuju ke Negeri Matahari Terbit tersebut.

Mengawali pekan ini, Cabinet Office Jepang pada tadi melaporkan pesanan mesin inti Jepang naik 2,9% di bulan Maret dari bulan sebelumnya, dan lebih tinggi dari perkiraan ekonom sebesar 1,7%. Meski pesanan mesin inti dianggap sebagai acuan untuk melihat investasti modal perusahaan, namun tingginya volatilitas data tersebut membuat para pelaku pasar kesulitan untuk mengambil kesimpulan jika hanya melihat data dalam satu bulan.

Sementara pada hari Rabu, Cabinet Office akan merilis data produk domestik bruto (PDB) kuartal pertama tahun ini. Para ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan PDB Jepang kuartal pertama akan tumbuh 0,4% dari kuartal sebelumnya, atau 1,5% dari tahun sebelumnya. Prediksi tersebut menunjukkan ekonomi Jepang berada pada jalur pemulihan moderat setelah mengalami resesi pada tahun lalu akibat kenaikan pajak penjualan. 

Bank of Japan (BOJ) yang mempertahankan kebijakan monter pada bulan lalu akan menggelar rapat selama dua hari mulai hari Kamis, dan berakhir pada hari Jumat. Dalam rapat bulan lalu, BOJ menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dan inflasi Jepang. Pada hari Jumat lalu, Gubernur BOJ, Haruhiko Kuroda, mengatakan ia tidak melihat kebutuhan untuk memberikan stimulus tambahan dalam waktu dekat, dan masih optimis target inflasi akan tercapai. Meski demikian, rilis data PDB Jepang di hari Rabu bisa jadi akan merubah pandangan BOJ yang kemungkinan berdampak pada kebijakan moneter yang diambil. (pap/Monex)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar