Senin, 24 Juli 2017

world-economy  World Economy

Pelemahan Harga Komoditas Dunia Bisa Jadi Cubitan Bagi Indonesia

Jumat, 24 Oktober 2014 13:49 WIB
Dibaca 716

Monexnews - Harga komoditas di dunia yang melemah dapat menjadi “cubitan” bagi negara sebagai pengekspor komoditas, seperti Indonesia. Menurut Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati, penurunan ini dilatari oleh nilai tukar AS yang kuat, cadangan di pasar minyak yang mencukupi, serta prospek panen yang baik sejak musim panas.

“Dolar AS yang kuat, pasar minyak yang well-supplied dan prospek tanaman yang baik telah memberi kontribusi melemahnya banyak harga komoditas sejak musim panas,” katanya seperti dikutip dari laman Bank Dunia.

Menurutnya, berkebalikan dari negara-negara pengimpor yang diuntungkan dari pelemahan harga komoditas, negara eksportir seperti Indonesia dapat semakin tertekan. Ia berharap, setiap pemimpin di masing-masing negara dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk mengantisipasi hal ini. “Para pembuat kebijakan di negara-negara maju dan berkembang harus yakin dan mengambil langkah-langkah kebijakan yang diperlukan serta menangani reformasi, untuk meningkatkan fundamental mereka,” pungkasnya. (fin)

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar