Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news Bank of Canada mempertahankan suku bunga di level 0.50%.

world-economy World Economy

Pemerintah Amerika Cabut Larangan Ekspor Minyak Non-olahan

Rabu, 25 Juni 2014 15:21 WIB
Dibaca 629

Monexnews -  Pemerintah Amerika Serikat diam-diam telah mencabut larangan ekspor minyak mentah (non-olahan) ke luar negeri. Dengan demikian maka perusahaan energi yang beroperasi di negara itu kini bisa mengirimkan minyaknya ke negara lain setelah tidak diperbolehkan selama empat tahun terakhir.

Pemerintah federal telah memberitahukan kepada dua perusahaan energi bahwa mereka sudah bisa mengekspor minyak. Hal ini dimungkinkan karena hasil eksplorasi dari lahan permukaan karang cukup berlimpah. Paling cepat, ekspor minyak non-olahan sudah bisa dilakukan pada bulan Agustus mendatang.

Di bawah aturan federal yang baru, Badan Industri dan Keamanan Kementerian Perdagangan Amerika mempersilakan Pioneer Natural Resources Co. asal Texas dan Enterprise Products Partner asal Houston untuk mengekspor varian minyak kategori ultra-light kepada pembeli asing. Minyak ultra-light tersebut biasanya akan diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, avtur dan solar. Kedua perusahaan itu menyatakan telah menerima pemberitahuan pemerintah dan antusias memanfaatkan kelonggaran yang diberikan.

Di bawah aturan yang baru, perusahaan diperkenankan mengekspor minyak untuk keperluan bahan bakar. Ultra-light oil sendiri hanya mengalami sedikit pemrosesan dalam pengelolaannya. Pihak manapun yang menginginkannya untuk menjadi bahan bakar harus mengolahnya kembali.

Kebijakan pemerintah Amerika bertolakbelakang dengan sikap pemerintah Indonesia, yang justru baru memberlakukan UU mineral dan batubara tentang larangan ekspor mineral mentah awal tahun ini. Bukan hanya minyak, pemerintah Indonesia juga melarang ekspor material non-olahan lainnya seperti alumunium. Tujuannya tidak lain adalah untuk melindungi sumber daya alam dalam negeri dan meningkatkan nilai tambah produk melalui pembukaan smelter (fasilitas olahan) di dalam negeri.  (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar