Rabu, 22 Februari 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah, BI dan OJK Kerja Sama Kendalikan Utang Luar Negeri Swasta

Senin, 26 Mei 2014 10:09 WIB
Dibaca 416

Monexnews - Pemerintah mengakui membengkaknya utang luar negeri swasta merupakan masalah yang harus segera dicari solusinya. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdasarkan data BI, utang luar negeri Indonesia pada Maret 2014 tercatat sebesar 276,5 miliar dolar AS, atau tumbuh 8,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Utang ini terdiri atas utang publik sebesar 130,5 miliar dolar AS dan utang swasta sebesar 146 miliar dolar AS. “Ini kita juga punya masalah, masalah kita sebenarnya utang luar negeri swasta yang meningkat,” demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung di Jakarta.

Menurutnya, peningkatan ini terjadi karena biaya utang dari luar negeri lebih murah dibandingkan biaya utang dalam negeri. Selain itu, Loan to Deposit Ratio (LDR) bank-bank di Indonesia rata-rata sudah lebih dari 90 persen, sehingga kemampuan perbankan Indonesia dalam memberikan pinjaman kepada pengusaha menjadi terbatas. “Jadi ini dilematis, di satu sisi mungkin BI punya kekhawatiran jangan sampai ada miss match, antara pinjam dolar AS maka harus bayar dolar AS, tapi di sisi lain perbankan nasional memiliki keterbatasan dalam memberikan pinjaman. Ini harus kita bicarakan,” terangnya.

Meski demikian, ia mengakui hingga saat ini belum ada pembahasan kebijakan mengenai pembatasan penarikan utang luar negeri swasta. Namun, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan secara bertahap akan melakukan pembahasan bersama dengan BI dan OJK terkait permasalahan tersebut. “Ini masalahnya otoritasnya banyak, jadi tidak simple. Jadi ini butuh koordinasi,” pungkasnya.(ans)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar