Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news ECB pertahankan suku bunga acuan di 0.00% & suku bunga deposito di -0.40%

world-economy World Economy

Pemerintah China Sita Aset Rp164 triliun dari Mantan Pejabat Korup

Senin, 31 Maret 2014 10:22 WIB
Dibaca 953

Monexnews - Pemerintah China menyita aset senilai 90 miliar Yuan ($14.5 miliar) atau setara Rp164 triliun dari keluarga dan rekanan Zhou Yongkang. Yongkang sendiri merupakan mantan kepala keamanan nasional yang diduga menjadi pusat aktivitas korupsi terbesar dalam enam dasawarsa terakhir.

Lebih dari 300 orang dekat Yongkang yang terdiri dari keluarga, rekan politik, staff dan kolega juga telah ditangkap atau diinvestigasi selama 4 bulan terakhir. Jika mengacu pada sosok tersangka korupsi dan jumlah aset yang diselidiki, maka operasi terhadap mantan panglima sektor pertahanan ini bisa disebut sebagai shock therapy dari Presiden Xi Jinping. Kepala negara China memang bertekad memberantas korupsi sampai ke akarnya sejak ia pertama kali dilantik. Oleh karena itulah Jinping membentuk satuan tugas pemberantas korupsi pada akhir tahun 2013 guna menyelidiki perputaran uang di lingkungan mantan pejabat.

Zhou Yongkang telah ditangkap sejak tahun lalu dan kini berada di rumah perlindungan. Pria 71 tahun ini merupakan mantan politisi paling senior yang pernah terjerat kasus korupsi sejak Partai Komunis menguasai China di tahun 1949. Pihak pemerintah belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait penyelidikan kasus korupsi Yongkang, sementara badan anti korupsi juga bungkam.

Yongkang adalah konglomerat sektor minyak dan gas sebelum dirinya bergabung dengan Politburo Standing Committee pada tahun 2007. Sebagai kepala bagian keamanan nasional, ia diduga leluasa melakukan korupsi karena dalam laporan hasil audit, angka belanja alat pertahanan tidak sebesar anggaran pengeluaran negara. Ia kemudian pensiun pada tahun 2012 dan terakhir kali muncul di hadapan publik pada sebuah acara temu alumni China University of Petroleum.

Sumber dalam Reuters menyebut pemerintah telah menyita rekening bank senilai total 37 miliar Yuan dan membekukan aset saham/obligasi baik di dalam maupun luar negeri. Nilai kombinasi aset tersebut jika ditotal mencapai 51 miliar Yuan, termasuk sitaan berupa rumah di tujuh kota besar. Penyidik anti korupsi juga menyegel 300 apartemen dan villa senilai 1.7 miliar Yuan, barang antik dan lukisan senilai 1 miliar Yuan serta lebih dari 60 kendaraan. Barang-barang lain yang harganya belum dihitung antara lain koleksi minuman keras nan mahal, emas, perak dan mata uang asing. Apabila semua tuduhan terbukti di pengadilan, bukan mustahil Yongkang akan dihukum mati seperti terdakwa-terdakwa sebelumnya. 

 

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar