Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah: Defisit Transaksi Berjalan 2014 Lebih Rendah

Jumat, 4 Juli 2014 15:36 WIB
Dibaca 481

Monexnews - Menteri Keuangan M. Chatib Basri meyakini, defisit transaksi berjalan (current account deficit) tahun ini akan lebih rendah dibanding tahun 2013 lalu.

Meskipun pada triwulan II-2014 ini defisit transaksi berjalan diperkirakan mengalami kenaikan, tetapi pemerintah memperkirakan adanya penurunan defisit transaksi berjalan pada triwulan III dan IV tahun ini.

“Kami melihat tren bahwa di triwulan II (2014) ada kemungkinan, seperti telah disampaikan sebelumnya, kenaikan dari current account deficit, tetapi pada triwulan III, IV defisit ini kembali akan turun,” demikian dikatakan Menkeu dalam konferensi pers di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta pada Jumat (4/7).

Dengan demikian, lanjutnya, defisit transaksi berjalan tahun ini diperkirakan akan lebih rendah dibanding tahun lalu. “Tahun ini defisit dari current account akan lebih rendah dibandingkan dengan defisit current account tahun 2013,” jelasnya.

Oleh karena itu, menurutnya, kondisi defisit transaksi berjalan saat ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. “Apa yang kita lakukan, kekhawatiran mengenai current account deficit, saya kira di dalam nominal terms itu kita akan punya current account deficit yang lebih kecil,” katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, BI bersama-sama dengan pemerintah akan terus berupaya untuk menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat. “Kita juga akan melanjutkan upaya untuk menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang berkesinambungan. Ini adalah salah satu prioritas yang akan kita lakukan,” jelas Gubernur BI Agus Martowardojo pada kesempatan yang sama.(nv)

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar