Rabu, 20 September 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Fokus untuk Dorong Industri Substitusi Impor

Rabu, 4 Februari 2015 11:58 WIB
Dibaca 577

Monexnews - Pemerintah tengah mendorong industri substitusi impor agar dapat berkembang di Indonesia. Industri substitusi ini misalnya adalah industri yang mendukung substitusi terhadap bahan baku barang modal untuk infrastruktur. “Contohnya sekarang ini yang sedang kita kembangkan di pemerintah adalah kita ingin mengembangkan industri galangan kapal, dan ekspansi pembangkit listrik,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro akhir pekan lalu di Jakarta.

Untuk kapal, menurut Menkeu, pemerintah menilai bahwa membangun industri galangan kapal lebih baik dari mengimpor kapal. “Ujung tombak maritim kan gak cuma punya pelabuhan banyak. Percuma punya pelabuhan banyak tapi gak ada kapalnya, sehingga kita harus bikin kapal sebanyak-banyaknya. Daripada kapalnya impor, lebih baik subsitusi,” jelasnya.

Selain itu, untuk industri pembangkit listrik, pemerintah berencana mengembangkan industri untuk produksi boiler, turbin dan travo. Ini ditujukan untuk menekan impor terhadap barang modal yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik. “Kalau 3 ini paling tidak sekian persen sudah dibuat di Indonesia, paling tidak industri sudah hidup,” tegasnya. (as)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar