Senin, 18 Desember 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Inggris Berencana Terbitkan Sukuk

Selasa, 29 Oktober 2013 18:18 WIB
Dibaca 551

Monexnews - Pemerintah Inggris dikabarkan sedang mempelajari kemungkinan penerbitan instrumen keuangan baru dalam waktu dekat. Otoritas membuka peluang peluncuran surat hutang berbasis syariah sebagai alternatif penggalangan dana.

Dalam pernyataan resmi beberapa saat lalu, pemerintah Inggris menyatakan sedang menimang wacana penerbitan surat hutang yang disesuaikan dengan hukum Islam atau lazim dikenal dengan istilah Sukuk. Kementerian keuangan meninjau pasal-pasal dalam praktik surat hutang Syariah sebelum memutuskan untuk menggenjot pinjaman sekitar 200 juta Poundsterling atau $321.70 juta. Apabila tidak ada aral melintang, Sukuk ala Inggris mulai bisa dikoleksi mulai tahun depan, sebagaimana bunyi statement resmi pemerintah.

Keputusan pemerintah untuk menerbitkan Sukuk muncul setelah otoritas membuka kesempatan bagi bank China untuk membuka cabang di Inggris pada pekan lalu. "Upaya untuk melakukan diversifikasi bisnis dan produk adalah strategi untuk menjaga daya saing di dunia keuangan global sekaligus membatasi bonus 'siluman' bagi pelaku perbankan," ujar Alex Conroy, Trader Keuangan di perusahaan Spreadex. Wacana penerbitan Sukuk juga sejalan dengan usaha pemerintah untuk menjaga reputasi kota London sebagai pusat industri keuangan sejagad.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar