Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini di Kisaran 5,7-5,8 Persen

Rabu, 13 November 2013 10:13 WIB
Dibaca 358

Monexnews - Pemerintah tetap optimistis pertumbuhan ekonomi sampai dengan akhir tahun akan berada di kisaran 5,7-5,8 persen, meskipun Bank Indonesia (BI) kembali menaikan suku bunga acuannya (BI rate) sebesar 25 basis point. Demikian disampaikan Wakil Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta, Selasa (12/11).

Menurutnya, kenaikan BI rate dipastikan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi, namun pemerintah akan berupaya menjaga perlambatan ekonomi tidak terlalu dalam. Pasalnya, pemerintah akan mengimbangi dengan membuat kebijakan yang mendorong pertumbuhan ekonomi tetapi tidak bertentangan dengan langkah BI.

“Kalau lihat kondisi sekarang kita perkirakan pertumbuhan ekonomi di level 5,7-5,8 persen untuk keseluruhan tahun, mudah-mudahan triwulan IV bisa sama. November ini kita akan buat kebijakan yang lebih kepada trade balance, Desember lebih ke investasi, jadi tidak ada solusi instan untuk dorong pertumbuhan dalam waktu pendek,” terangnya.

Bambang menilai, pertumbuhan ekonomi akan didorong oleh penyerapan belanja modal pemerintah yang cukup besar di triwulan IV. Selain itu, investasi diharapkan masih dapat tumbuh cukup baik terutama dari sisi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA). “Konsumsi di triwulan IV juga kita perkirakan masih cukup kuat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, perlambatan pertumbuhan ekonomi ini akan berdampak kepada penyerapan tenaga kerja. Namun, pemerintah akan mengantisipasi hal ini dengan melakukan penyeimbang kebijakan fiskal. “Itu sudah kemarin ada kebijakan tax break itu jalan, implemengtasinya masih luas kemungkinannya,” pungkasnya. (ans)


Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar