Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Optimistis Target Inflasi Tahunan Tercapai

Jumat, 4 Oktober 2013 9:59 WIB
Dibaca 395

Monexnews - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri optimistis, realisasi inflasi hingga akhir tahun ini masih sejalan dengan target yang dipatok pemerintah. Menkeu mengatakan, deflasi Bulan September 2013 yang sebesar 0,35 persen akan memberikan andil pada tercapainya target inflasi tahunan. “Saya kira masih akan sejalan dengan perkiraan pemerintah,” kata Menkeu, Rabu (2/10).

Menkeu juga mengatakan bahwa efek kenaikan bahan bakar minyak praktis telah berakhir menyusul kembalinya kepercayaan pasar pasca-pengumuman laju inflasi September 2013. Kembalinya kepercayaan pasar tersebut juga ditunjukkan dengan menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Menkeu menambahkan, pemerintah akan terus mengupayakan terjadinya deflasi. Meskipun tidak mudah, pemerintah akan melakukan berbagai tindakan untuk menekan inflasi. Beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengubah sistem kuota perdagangan menjadi mekanisme harga. Kondisi ini, menurut Menkeu, akan membuat arus impor makanan dan arus barang menjadi lebih lancar. “Dan nanti perlindungan yang diberikan dalam bentuk tariff, sehingga harga di pasar bisa dikendalikan,” paparnya.

Jika hal tersebut dapat dilakukan, lanjut Menkeu, pemerintah memperkirakan inflasi tahunan akan berada di bawah level 9 persen. “Sekarang kan 7,9 persen (ytd), kemudian 8,4 persen (yoy). Yang jelas saya kira inflasi akan normal. Tentu akan kita usahakan Oktober ini akan deflasi lagi, walau itu tidak mudah karena ada dampak dari imported inflation karena nilai tukar rupiah yang melemah,” tutur Menkeu.(nic)


Sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia


www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan


 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar