Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Optimistis Target Pembiayaan Tahun Ini Tercapai

Kamis, 4 Desember 2014 10:01 WIB
Dibaca 460

Monexnews - Meskipun terdapat berbagai tantangan dalam perekonomian, baik yang berasal dari sisi eksternal maupun domestik, pemerintah tetap optimistis target pembiayaan tahun ini akan tercapai. Hal ini didasarkan atas tercapainya target penerbitan surat berharga, baik konvensional maupun syariah sepanjang tahun ini.

“Selama 2014, pemerintah telah mampu mencapai target penerbitan surat berharga baik dalam bentuk obligasi konvensional maupun surat berharga syariah,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam acara investor gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang 2014: Tantangan dan Strategi Pembiayaan Tahun 2015 pada Rabu (3/12) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, minat investor domestik maupun asing pada penerbitan surat berharga Indonesia masih cukup tinggi. Hal ini terlihat dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN), baik yang berdenominasi rupiah maupun valuta asing sepanjang tahun ini selalu mencatatkan oversubscription.

“Pada penerbitan SBN berdenominasi valas dolar, baik itu obligasi global, sukuk global, maupun penerbitan perdana obligasi berdenominasi Euro seluruhnya mencapai oversubscription yang menunjukkan tingginya antusiasme investor asing terhadap Indonesia. Dari penerbitan sisi domestik, dari beberapa kali penerbitan SBN ritel tahun 2014 juga menunjukkan tingginya minat investor dalam negeri,” urainya.

Selain itu, Menkeu juga menegaskan bahwa kebijakan pembiayaan pemerintah akan selalu disusun untuk memberikan hasil yang optimal, tetapi dengan risiko yang tetap terjaga. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai target defisit anggaran tahun ini yang ditetapkan tidak melebihi 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Pemerintah meyakini bahwa defisit anggaran merupakan hal yang tak terhindarkan dan perlu dikelola dengan baik,” ungkapnya.(wa)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan



(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar