Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah RI Terus Upayakan Capai Target Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 14 Agustus 2013 9:59 WIB
Dibaca 303

rial, helvetica, sans-serif;">Monexnews -  Pemerintah terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi hingga mencapai target yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013 (APBN-P) sebesar 6,3 persen. Demikian dikatakan Menteri Keuangan M. Chatib Basri, Senin (12/8). Namun demikian, pihaknya mengatakan, pemerintah juga tetap realistis melihat perkembangan situasi global yang mengalami perlambatan.

Oleh karenanya, Menkeu menekankan tentang perlunya penguatan di berbagai komponen ekonomi, di antaranya investasi dan perdagangan luar negeri. Sebelumnya ia juga mengatakan bahwa dengan proyeksi Penanaman Modal Asing (PMA) yang akan mengalami perlambatan, maka diperlukan usaha lebih untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Untuk target 6,3 persen memang agak sulit, karena kita harus bisa tumbuh 6,6 persen semester II. Tapi kalau kita melihat (pertumbuhan) di kisaran 6 persen itu masih mungkin,” kata Menkeu.

Realisasi investasi, menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), hanya berkontribusi sebesar 15 persen terhadap Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau yang disebut investasi dalam perhitungan Produk Domestik Bruto (PDB), di mana PMTB juga sedang mengalami perlambatan.

Menkeu menilai, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan masih banyak ditopang oleh kondisi perekonomian dalam negeri. Pertumbuhan perekonomian nasional dapat terdongkrak pada saat lebaran, di mana konsumsi rumah tangga meningkat secara signifikan. Mendorong konsumsi rumah tangga, lanjut Menkeu, merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan pemerintah, karena konsumsi rumah tangga berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia juga berharap, meski memasuki tahun Pemilu, investasi dapat terus tumbuh. ”Karena jika investasinya tumbuh bisa berdampak jangka panjang pada pertumbuhan ekonomi,” ucapnya. (ak)


sumber: Rilis Resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia (www.depkeu.go.id)

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar