Selasa, 26 September 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Siap Hadapi Tapering Off

Rabu, 4 Desember 2013 9:08 WIB
Dibaca 420

Monexnews - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengatakan bahwa pemerintah telah mempersiapkan dua skenario yang dapat segera diterapkan, apabila bank sentral Amerika Serikat (The Fed) memberlakukan kebijakan penarikan dana likuiditas atau tapering off dalam beberapa bulan ke depan. Kedua skenario tersebut adalah protokol manajemen krisis dan stabilisasi dana (bond stabilization fund).

“Presiden menginstruksikan kepada Kementerian Keuangan dan pihak terkait agar persiapan dan langkah-langkah preventif mengatasi dampak dari kemungkinan diberlakukannya kebijakan tersebut dilakukan dengan sebaik-baiknya," jelas Menkeu, Senin (2/12).

Menkeu menjelaskan bahwa pihaknya bersama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melakukan full dressed simulation. "Sekitar tiga minggu lalu antara BI, OJK, dan Kemenkeu melakukan full dressed simulation persiapan untuk tapering off. Kita siapkan langkah-langkah jika hal itu diberlakukan oleh pemerintah Amerika Serikat," kata Menkeu.

Menkeu mengatakan bahwa Kemenkeu dan 11 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait akan segera masuk ke pasar, apabila terjadi goncangan saat diberlakukan tapering off. Kemudian melakukan langkah sesuai dengan management protocol apabila goncangan itu kemudian berakibat krisis. "Terakhir, bisa lihat BI tetap juga ada di pasar kalau ada sampai ada tekanan pada nilai tukar rupiah," kata Menkeu.

Selain sejumlah langkah tersebut, Pemerintah juga akan menjamin ketersediaan bahan pokok di pasaran dan harga yang terjangkau. Dengan sejumlah skenario ini, pemerintah optimistis, Indonesia bisa melalui tapering off dengan baik. (nic)

 

Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar