Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Targetkan Defisit APBN Satu Persen Pada Tahun 2019

Selasa, 23 Desember 2014 10:25 WIB
Dibaca 524

Monexnews - Pemerintah menargetkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berada pada kisaran 1 persen pada tahun 2019 mendatang. “Target kita untuk defisit APBN itu mendekati 1 persen di tahun 2019,” ungkap Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta pekan lalu.

Menurutnya, hal tersebut dapat tercapai jika pemerintah terus mengoptimalkan penerimaan negara, dan di sisi lain juga mengendalikan belanja agar tetap terarah dan efisien. “Ke depan, dengan upaya menggalakkan penerimaan dan belanja yang terarah tapi efisien, saya yakin defisit kita pelan-pelan akan berkurang,” ungkapnya.

Dengan berkurangnya defisit anggaran tersebut, ia meyakini kebutuhan akan pembiayaan pemerintah pun akan berkurang dengan sendirinya. Oleh karena itu, ia menambahkan, pemerintah akan terus berupaya untuk mengendalikan defisit anggaran ini.

Hal tersebut sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, yang mengamanatkan bahwa total defisit APBN tidak melebihi 3 persen. “Defisit anggaran jelas harus dijaga, saat ini kita punya Undang-Undang Keuangan Negara yang membatasi defisit total 3 persen, dan menurut saya pembatasan tersebut adalah hal yang sangat baik, karena itu menjaga juga ekonomi kita dari gejolak yang sifatnya global atau internasional” jelas Menkeu.(wa)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar