Minggu, 22 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Pemerintah Terus Kelola dan Tekan Defisit Transaksi Berjalan

Selasa, 12 November 2013 10:16 WIB
Dibaca 391

Monexnews - Pemerintah optimistis dapat mengelola dan menekan defisit transaksi berjalan (current account deficit) hingga penghujung tahun 2013. Demikian disampaikan Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta, pada Senin (11/11).

"Kalau saya lihat defisit transaksi berjalan masih manageable itu ya antara nol persen, kalau bisa malah surplus. Tapi kan kalau surplus gak mungkin, kecuali ada jaman seperti quantitative easing dan ada commodity price yang tinggi," kata Menkeu saat menghadiri acara Mandiri Investment Forum.

Chatib memproyeksikan, defisit transaksi berjalan masih akan berada di bawah angka 4 persen hingga akhir tahun ini. "Kalau nominalnya harus dihitung, karena tergantung exchange rate-nya berapa. Tapi, pasti di bawah 4 persen," imbuhnya. Menurut Menkeu, pemerintah telah dan terus berupaya melakukan perbaikan guna menekan defisit transaksi berjalan pada tiap kuartalnya. "Kuartal II-2013 itu 2,4 persen, dan kuartal III-2013 3,7 persen. Oleh karenanya, akhir tahun akan di bawah 4 persen," jelasnya.

Berbagai macam hal dilakukan pemerintah guna menekan defisit neraca berjalan, salah satunya dengan mengerem laju pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum, dengan harapan dapat menekan laju impor dan menciptakan keseimbangan antara ekspor dan impor. (ak)


Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar