Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news PM Inggris Theresa May: Pemerintah Akan Ajukan Kesepakatan Brexit Baru Untuk Voting Parlemen

world-economy World Economy

Pemulihan Sektor Swasta Zona Euro Kehilangan Momentum

Rabu, 4 Desember 2013 16:54 WIB
Dibaca 353

Monexnews - Pemulihan pada sektor swasta zona euro kehilangan momentum di bulan November, menurut hasl survey yang dirilis hari Rabu yang sekali lagi menyoroti perbedaan antara sejumlah negara perekonomian terbesar blok Eropa. PMI gabunngan Markit untuk bula November, yang memantau aktivitas ribuan perusahaan pada sektor jasa dan manufaktur, turun menjadi 51.7 dari 51.9 di bulan Oktober. Meski demikian, data tersebut masih lebih baik dari perkiraan menjadi 51.5 dan kelima bulannya indeks PMI berada di atas level 50 yang memisahkan antara perumbuhan dan kontraksi.

"Data PMI final mengkonfirmasi bahwa pemulihan zona euro kehilangan momentum di bulan November. Tingkat pertumbuhan yang masih sangat rapuh sudah jelas sangat mencemaskan," ucap Chris Williamson, kepala ekonom pada Markit. PMI yang meliputi industri jasa yang dominan di kawasan Eropa turun menjadi 51.2 dari 51.6, meski lebih baik dari data sebelumnya sebesar 50.9.

Zona euro secara keseluruhan telah berhasil keluar dari resesi terpanjang pada tahun ini, didukung oleh tingkat pertumbuhan yang lebih kuat dari perkiraan di Jerman. Namun polling Reuters bulan lalu menunjukkan tingkat pertumbuhannya akan terhambat pada 0.2% kuartal ini.

Williamson mengatakan data PMI ini mengacu pada tingkat pertumbuhan yang sama namun memperingatkan bahwa data dari Perancis meningkatkan kemungkinan bahwa negara tersebut akan kembali memasuki resesi. PMI Italia menunjukkan penurunan akan bertambah panjang hingga kuartal kesepuluhnya. PMI gabungan Perancis anjlok hingga 48.0 dan hanya mencetak dua kali rilis di atas 50 dalam 21 bulan terakhir. PMI sektor jasa Italia juga anjlok ke bawah level 50 menjadi 47.2 dari 50.5 di bulan Oktober. Bagaimanapun juga, PMI gabungan Jerman melonjak ke level tinggi 29 bulan pada 55.4 seiring perusahaan menambah lebih banyak pekerja untuk memenuhi lonjakan pesanan. Indeks sektor jasa Spanyol berada nyaman di atas level 50.

Sinyal pertumbuhan yang divergen akan memperumit debat pada pertemuan European Central Bank untuk menetapkan kebijakan pada hari Kamis. Bukan lalu ECB di luar perkiraan memangkas tingkat suku bunga ke rekor rendah 0.25% setelah tingkat inflasi turun ke dekat level rendah 4 tahun pada 0.7% di bulan Oktober. Sementara tingkat inflasi naik menjadi 0.9% bulan lalu, level tersebut masih di bawah target ECB sebesar 2%, dan data PMI menunjukkan perusahaan masih menurunkan harga untuk menaikkan usahanya. 

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar