Jumat, 26 Mei 2017

breaking-news Klaim Pengangguran AS naik ke 234K pekan lalu,sebelumnya 232K, perkiraan 238K

world-economy  World Economy

Penasihat Abe: Pelemahan Yen Membantu Pemulihan Jepang

Selasa, 9 September 2014 0:44 WIB
Dibaca 548

Monexnews - 

Yen yang melemah ke level terendah dalam enam tahun akan membantu ekonomi Jepang pulih dari kenaikan pajak penjualan yang telah menyebabkan kontraksi terbesar dalam lima tahun terakhir, kata salah seorang penasihat Perdana Menteri Shinzo Abe.

"Pelemahan yen akan berikan keuntungan pada ekonomi dengan meningkatnya laba perusahaan, belanja modal, jumlah pekerja dan tingginya penerimaan pajak bahkan jika itu tidak meningkatkan ekspor," kata Koichi Hamada, yang membantu Abe merencanakan kebijakan moneternya. "Itu positif untuk ekonomi Jepang."

Komentar Hamada mendukung pernyataan yang di lontarkan oleh Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda pada pekan lalu yang mengindikasikan bahwa pelemahan yen tidak berdampak negatif untuk ekonomi. Mata uang Jepang melemah ke level terendah sejak tahun 2008 setelah komentara Kuroda, itu telah memperpanjang penurunan yen yang hampir 19% sejak Abe mengambil alih kekuasaan.

"Saya mengerti mengapa BOJ tidak mencoba untuk menghentikan pelemahan yen, karena mereka melihat keberlanjutan pemulihan dan pelemahan yen penting untuk membangkitkan ekonomi," kata Hamada, yang seorang pensiunan profesor di Yale University. Yen kembali ke level 105 per dollar pada saat ini dan yen terlihat kemungkinan akan melemah lebih lanjut."

Ekonomi berkontraksi ke level tertingginya dalam lebih dari lima tahun di kuartal kedua, berdasarkan data yang di rilis pada hari Senin, setelah pemerintah menaikan pajak konsumsi menjadi 8% pada tanggal 1 April. Ekonomi menyusut sebesar 1.7% pada tingkat tahunan seiring para konsumen dan pengusaha mengurangi belanja mereka.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar