Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

Penghapusan BM Kakao Jangan Buat Petani Dalam Negeri Kalah Saing

Rabu, 16 April 2014 11:21 WIB
Dibaca 506

Monexnews - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan bahwa penghapusan bea masuk impor biji kakao tidak boleh membuat petani kakao dalam negeri kalah bersaing. Keseimbangan antara impor dan produksi dalam negeri tetap harus dijaga.

"Konsen kami di Kementerian Keuangan jangan sampai petani kakao dirugikan. Karena sekalinya ada bea masuk, dan apalagi tidak bisa dibedakan mana kakao asli Indonesia dan mana kakao luar negeri. Di sisi persaingan dalam negeri kalah bersaing, ketika akan ekspor akan dikenakan bea keluar. Kita harus membuat keseimbangan yang lebih bagus," kata Wamenkeu II di Jakarta, Selasa (15/4).

Seperti diketahui bahwa sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) mengatakan bahwa pada tahun ini setidaknya industri pengolahan kekurangan biji kakao hingga mencapai 100.000 ton.

Untuk itu, impor biji kakao tersebut dilakukan guna memenuhi kebutuhan industri hilir. Impor biji kakao tersebut rencananya hanya dibatasi untuk perusahaan yang mengantongi izin sebagai importir produsen (IP). "Tapi ini akan kita bikin untuk yang produsen saja," kata Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, Jumat (11/4).

Menteri Pertanian Suswono pada pekan lalu juga mengatakan bahwa Indonesia mengalami defisit produksi kakao, setelah bertumbuhnya industri pengolahan. Oleh karena itu, impor kakao sebagai bahan baku harus dipermudah. Suswono menjelaskan, rencana pemerintah untuk menghapus bea masuk importasi kakao adalah demi mencukupi kebutuhan industri kakao. “Kami dulu perjuangkan bea keluar supaya bijih-bijih kakao tidak diekspor mentah. Dampaknya bagus, yaitu muncul industri pengolahan. Dengan ini ternyata produksi dalam negeri belum mencukupi,” ujar Suswono. (nic)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar