Kamis, 30 Maret 2017

world-economy  World Economy

Pengusaha Minta Pemangkasan Belanja Irlandia Direvisi

Senin, 8 Juli 2013 13:19 WIB
Dibaca 398

Monexnews - Pemangkasan anggaran yang diberlakukan oleh pemerintah Irlandia menuai penolakan dari berbagai pihak, tidak terkecuali kalangan pengusaha domestik. Asosiasi Pengusaha dan Pelaku Bisnis Irlandia (IBEC) meminta pemerintah untuk mengurangi porsi pengurangan belanja negara untuk tahun 2014 guna melindungi perekonomian dalam negeri. Demikian pendapat resmi asosiasi kepada awak media pada hari Senin (08/07). 

IBEC meminta Menteri Keuangan Irlandia, Michael Noonan, agar tetap melaksanakan efisiensi namun meninjau kembali putusan kenaikan pajak. Pemerintah juga diharapkan bisa mengurangi angka dalam proposal pemangkasan belanja dari 3.1 miliar Euro menjadi 2.6 miliar Euro. Penyesuaian tersebut dirasa cukup untuk memenuhi target fiskal yang disepakati bersama dengan pihak pemberi bailout. Lebih lanjut, efisiensi yang lebih manusiawi diklaim dapat membangun kepercayaan konsumen, menciptakan lapangan kerja dan merangsang belanja produk dalam negeri.

Data resmi pemeirntah bulan lalu memperlihatkan pemulihan krisis di Irlandia belum sesuai harapan publik. Ekonomi negara ini melambat selama tiga kuartal beruntun sampai dengan triwulan yang berakhir Maret lalu. Penurunan daya beli dan belanja masyarakat zona Euro turut berdampak pada penurunan kinerja ekspor Irlandia sejak tahun lalu.

Di bawah kesepakatan bailout yang diteken oleh pemerintah, Uni Eropa dan International Monetary Fund akhir 2010 lalu, Irlandia setuju untuk memangkas anggaran belanja nasional sekaligus menaikkan pajak. Dengan demikian, rasio hutang negara ini bisa turun dari sekitar 7.6% dari GDP (tahun 2012) menjadi di bawah persentase ideal 3% pada tahun 2015 mendatang.

Rekomendasi IBEC sejalan dengan aspirasi serikat pekerja, yang sejak lama menolak poin pemangkasan versi Michael Noonan. Perwakilan kaum buruh berpendapat pemerintah seharusnya bisa menggali sumber pemasukan lain secara lebih efektif. Noonan dinilai masih mempunyai ruang efisiensi dengan cara menaikkan pajak bagi individu golongan kaya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar