Jumat, 28 Juli 2017

world-economy  World Economy

Peningkatan Keahlian Pekerja dapat Hindarkan Indonesia dari Middle Income Trap

Selasa, 24 Juni 2014 10:32 WIB
Dibaca 330

Monexnews - Indonesia dituntut dapat meningkatkan perekonomiannya agar dapat terhindar dari middle income trap (jebakan negara berpenghasilan menengah). Salah satunya adalah dengan meningkatkan produktifitas pekerjanya, karena dengan itu mereka lebih memiliki nilai tambah bagi para investor agar mau berinvestasi. Menurut Laporan Bank Dunia terbaru, Indonesia adalah tempat yang menarik bagi investor lokal maupun internasional . Namun, investor akan mencari pekerja dengan keahlian teknis yang baik.

“Indonesia secara signifikan telah meningkatkan akses untuk mendapatkan pendidikan. Tantangannya sekarang adalah bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan ini. Sedikit pelatihan kepada para pekerjanya dan pengembangan lebih banyak pusat pelatihan modern dapat membantu,” kata Kepala Ekonom Bank Dunia Ndiame Diop di Jakarta pada Senin (23/6).

Jika Indonesia dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya apalagi hingga 9 persen, selain dapat menghindari middle income trap, maka Indonesia juga dapat menjadi Negara dengan ekonomi berpenghasilan tinggi pada tahun 2030.

“Dunia sedang menunggu Indonesia untuk mengambil tempat yang selayaknya sebagai pemimpin ekonomi dunia. Namun untuk dapat mewujudkannya, Indonesia harus meningkatkan daya saingnya, dengan menekan kesenjangan infrastruktur dan ketrampilan serta meningkatkan fungsi pasar,” jelas Direktur Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves. (as)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia
www.kemenkeu.go.id
- disadur tanpa penyuntingan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar