Jumat, 28 Juli 2017

world-economy  World Economy

Penjualan Obligasi Portugal Salah Satu yang Tersukses dalam Sejarah

Kamis, 3 Juli 2014 14:22 WIB
Dibaca 372

Monexnews -  Portugal sukses melaksanakan penjualan obligasinya pekan ini. Namun selain keberhasilan itu, masih ada catatan menarik yang mewarnai kembalinya negara ini ke pasar kredit regional.

Portugal menjual surat hutang tenor 10 tahun berbasis Dollar dan sukses menggalang dana $4.5 miliar. Tadinya pemerintah hanya menargetkan dana dari penjualan obligasi sebanyak $4 miliar namun karena banyaknya order, raihan modal membengkak jadi $4.5 miliar. Penjualan obligasi itu merupakan transaksi obligasi US Dollar pemerintah paling besar dalam sejarah Eropa. Terlebih lagi, Portugal tidak pernah menerbitkan surat hutang sebesar ini sebelumnya.

Penjualan obligasi Portugal juga yang terbesar setelah penerbitan surat hutang Jerman pada tahun 2005 silam, di mana raihan dananya mencapai $5 miliar. Catatan impresif ini memperlihatkan besarnya kepercayaan investor terhadap negara yang baru keluar dari program bailout pada bulan Mei lalu.

Portugal memang sudah dinyatakan sehat dan berhak mendapatkan kembali kebebasan ekonomi yang hilang setelah diterpa krisis hutang Eropa. Namun demikian, negara ini masih menghadapi tantangan berupa pembengkakan beban hutang sebesar 214 miliar Euro ($293 miliar) atau hutang tertinggi ke-tiga di zona Euro menurut perhitungan persentasenya terhadap gross domestic product. Perekonomian Portugal berkontraksi sebesar 4% dibandingkan tahun 2010, setahun sebelum pemerintah Portugal meminta bantuan dari pihak kreditur internasional. Pasca krisis melanda, yield obligasi 10-tahun Portugal meroket hampir dua kali lipat dibandingkan kinerja yield obligasi Prancis. Tiga agensi rating terbesar dunia bahkan menganggap Portugal sebagai negara dengan status 'non-investasi'. Kesuksesan penjualan obligasi kemarin sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri pelaku ekonomi di negara tersebut. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar