Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Perancis Bebani Perekonomian Zona Euro, Outlook Inggris Membaik

Kamis, 4 April 2013 18:23 WIB
Dibaca 582

Monexnews - Penurunan tajam pada aktivitas bisnis di Perancis berarti bahwa resesi di zona euro kian dalam di bulan Maret namun kokohnya sektor jasa Inggris mencerahkan outlook ekonomi, mencetak bulan terbaik sejak Agustus lalu. Survey bisnis pada hari Kamis menunjukkan penurunan pada usaha jasa di Perancis saat ini berada paling dalam sejak resesi tahun 2008-2009, bahwa mengalahkan penurunan di Spanyol dan Italia. Di Jerman, perekonomian terbesar dan terkuat di zona euro, tingkat pertumbuhan melambat hamper menuju stagnasi bulan lalu.

Namun Inggris berhasil menepis tren penurunan setelah kenaikan pada jumlah pesanan baru membantu perusahaan jasa seperti bank, hotel dan restoran mencetak tingkat pertumbuhan tertinggi sejak Olimpiade musim panas lalu di London. Secara keseluruhan, data PMI menunjukkan sebagian banyak negara besar di Eropa, setidaknya di zona euro, menghadapi kuartal pertama yang buruk tahun ini.

"Dengan data PMI ini, nampaknya kita akan terus berada pada area kontraksi pada kuartal kedua," ucap Juergen Michels, kepala ekonom zona euro pada Citi di London. Kendati pelemahan ekonomi yang sudah jelas, ekonom tidak memperkirakan European Central Bank untuk mengumumkan pelonggaran kebijakan moneter hari Kamis ini. Namun akumulasi dari data yang buruk dapat memicu nada yang lebih dovish dari Presiden ECB Mario Draghi, yang pada bulan Januari mengakui adanya dampak positif yang merauk ke pasar keuangan akibat kebijakannya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar