Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Perancis Desak Eropa Untuk Persenjatai Kurdi Irak

Rabu, 13 Agustus 2014 10:08 WIB
Dibaca 345

Monexnews - Perancis meminta Uni Eropa untuk mengadakan pertemuan darurat demi membahas situasi di Irak seiring Paris mendekak Eropa untuk mempersenjatai kaum Kurdi Irak. "Ada bukti yang menunjukan drastisnya perbedaan persenjataan antara militan ISIS dengan kaum Kurdi." ujar Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius yang telah menulis surat kepada Petinggi Uni Eropa untuk urusan luar negeri Catherine Ashton. Wakil Uni Eropa akan melakukan pertemuan hari ini di Brussels untuk membahas Irak namun ini bukanlah pertemuan tingkat menteri yang dapat mengambil kebijakan.

Inggris dan Italia telah sinyalkan akan mendukung pengiriman senjata bagi pemerintah regional Kurdi. Sementara itu, Jerman mempertimbangkan pemberian supplai peralatan seperti rompi anti peluru dan peralatan kesehatan. Meski demikian, Uni Eropa utarakan tidak akan bergabung dengan AS dalam serangan udara terhadap militan ISIS meski mendukung kebijakan AS tersebut.

"Militan ISIS memiliki senjata buatan AS yang diperoleh dari gudang militer Irak di Mosul. Sementara tentara Kurdi memiliki persenjataan yang cukup ketinggalan dan hanya berbekal senapan Kalashnikovs.," ujar Duta Besar Irak kepada media London kemarin. "Tentara Kurdi memerlukan persenjataan yang lebih baik." Kaum Kurdi merupakan salah satu garda terdepan Irak untuk mengatasi militan ISIS mengingat kaum Kurdi merupakan penguasa semi-otonom sebagian wilayah utara di Irak. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar