Kamis, 14 Desember 2017

world-economy  World Economy

Perbankan Amerika Masih Punya Hutang Ganti Rugi $100 miliar

Kamis, 28 November 2013 13:24 WIB
Dibaca 654

Monexnews - Krisis finansial Amerika Serikat memang telah berlalu setengah dasawarsa silam, namun kerugian yang disebabkan oleh perusahaan keuangan kala itu belum sepenuhnya terbayar. Jumlah tanggungan hukum yang masih harus dikompensasi oleh bank-bank besar diklaim mencapai $100 miliar atau sekitar Rp1100 triliun!

Menurut lembaga pemeringkat Standard & Poor's, estimasi biaya hukum yang belum diselesaikan oleh perusahaan-perusahaan Amerika berkisar adalah antara $55 miliar sampai $105 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi denda dan biaya pengadilan dari seluruh perusahaan perbankan yang terlibat dalam krisis perumahan 2007-2008. Dalam pernyataannya, Standard & Poor's menyebut angka itu adalah perhitungan dengan berdasarkan asumsi dakwaan kasus yang sudah maupun sedang berjalan. Jumlahnya sendiri bisa naik maupun turun dari kisaran harga yang ditetapkan oleh lembaga itu.

Perusahaan keuangan besar seperti Bank of America, Citigroup, Goldman Sachs, JPMorgan Chase, Morgan Stanley dan Wells Fargo menanggung beban akumulatif lebih dari $45 miliar sejak gugatan kasus tahun 2009. Di dalamnya belum termasuk biaya kuasa hukum yang mencapai $50 miliar. Semua bank itu terbukti ikut menjual paket produk berbasis perumahan yang cacat di tengah gelembung perumahan enam tahun lalu. Mereka menjual surat hutang beracun kepada pihak investor lainnya seperti Fannie Mae dan Freddie Mac, yang merupakan dua institusi di bawah pengawasan pemerintah. Saat tirai kebusukan produk kredit perumahan terungkap ke publik, bank-bank besar harus menanggung kerugian besar karena nilai aset hutang yang mereka pegang nyaris tidak bernilai. Kebangkrutan usaha yang terjadi secara bersamaan dan berantai itulah yang membuat sistem perekonomian Amerika kolaps dan menyisakan resesi besar.

Menurut catatan terakhir, biaya ganti rugi terbesar yang dibebankan kepada satu perusahaan tahun ini adalah sebesar $13 miliar. JP Morgan menjadi pihak yang diharuskan membayar uang sebesar itu kepada negara, dan di dalamnya terdapat kompensasi $4 miliar yang harus diberikan untuk Fannie Mae dan Freddie Mac.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar