Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Percepat Pembangunan Ekonomi Daerah, Pemerintah Pusat Gandeng BI dan Pemda

Rabu, 12 November 2014 12:04 WIB
Dibaca 541

Monexnews - Untuk membahas kelanjutan sejumlah agenda reformasi struktural dalam rangka percepatan pembangunan ekonomi daerah, pemerintah pusat melakukan rapat koordinasi dengan Bank Indonesia (BI) dan pemerintah daerah pada Selasa (11/11).

Untuk mempercepat reformasi struktural di sektor rill dan sektor keuangan, koordinasi difokuskan pada empat hal. Pertama, upaya untuk mendorong peningkatan daya saing dan iklim investasi di daerah. Hal ini dilakukan melalui percepatan pembenahan modal dasar pembangunan.

“Khususnya yang terkait dengan pasar tenaga kerja, fasilitas investasi/perdagangan, kualitas sumber daya manusia (SDM), kesiapan teknologi, infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur melalui skema Public-Private Partnership (PPP),” jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam keterangan resminya.

Kedua, upaya untuk mendorong pencapaian kedaulatan pangan melalui peningkatan infrastruktur sektor pertanian, baik fisik (irigasi, jalan, listrik) maupun nonfisik (penguatan modal manusia, kelembagaan, dan komitmen kebijakan).

Ketiga, upaya untuk mendorong perluasan akses keuangan, antara lain melalui penetrasi layanan keuangan digital (LKD). Terakhir, upaya untuk mendorong reformasi fiskal melalui optimalisasi subsidi energi serta pengalihan dana subsidi ke arah people based subsidi dan pembangunan infrastruktur.

Sebagai informasi, rapat yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat ini menelaah perkembangan ekonomi daerah terkini, risiko dan tantangan struktural ke depan, serta strategi penguatan koordinasi kebijakan pemerintah pusat, BI dan pemerintah daerah guna memastikan tercapainya stabilitas makroekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan berkualitas.

Rapat antara lain dihadiri Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, Gubernur BI Agus Martowardojo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, serta seluruh anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia dan pejabat-pejabat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perindustrian.(wa)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*disadur tanpa penyuntingan

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar