Rabu, 13 Desember 2017

world-economy  World Economy

Perekonomian Swiss Berkontraksi; Franc Tekan Sektor Ekspor

Jumat, 29 Mei 2015 14:34 WIB
Dibaca 5223

Monexnews - Perekonomian Swiss berkontraksi paling tajam dalam 6 tahun seiring penguatan franc mulai berdampak pada sektor ekspor. Gross domestic product turun sebesar 0.2% pada kuartal pertama, pasca revisi pertumbuhan sebesar 0.5% pada kuartal sebelumnya, menurut State Secretariat for Economic Affairs di Bern pada hari Kamis. Kontraksi tersebut merupakan yang terbesar sejak awal 2009 dan berada di bawah estimasi ekonom untuk kontraksi sebesar 0.1%.

Dengan franc yang masih terlalu kuat, menurut Swiss National Bank, resiko pelemahan akan terus berlanut. Data juga memberikan amunisi bagi para kritikus bank sentral, yang mengatakan keputusan SNB bulan Januari lalu untuk melepas batas nilai tukar terhadap euro membahayakan perekonomian. Pencabutan batas tersebut mengakibatkan franc melejit menuju rekor tinggi terhadap euro, membuat perusahaan industri yang mengekspor sebagian banyak produknya kesusahan.
Menurut salah satu ekonom, saat ini ada sinyal awal dari resesi, kuartal kedua mungkin tidak akan membaik. Ia juga menambahkan bahwa SNB kemungkinan tidak perlu merevisi turun outlook pertumbuhan untuk tahun ini, karena SNB dapat mengabaikan hal tersebut.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar