Rabu, 20 September 2017

world-economy  World Economy

Performa Yen Berpotensi Tunda Kebijakan Baru BOJ

Rabu, 15 Januari 2014 13:47 WIB
Dibaca 569

Monexnews - Bank Sentral Jepang mengungkapkan optimismenya terhadap upaya pencapaian target inflasi 2%. Trend pelemahan nilai tukar domestik diharapkan mampu memicu percepatan ekonomi.

Harga produk konsumen terus meningkat belakangan ini berkat pelemahan kurs Yen. Bank of Japan (BOJ) merasa situasi domestik sangat mendukung pencapaian target inflasi seperti apa yang diinginkan pemerintah. Pandangan BOJ tersebut sedikit banyak mengurangi tekanan untuk adanya kebijakan moneter baru yang lebih longgar.

Menurut sumber Dow Jones Newswires di bank sentral, pihak otoritas akan mempertahankan target inflasi atau bahkan menaikkannya dalam rilis proyeksi ekonomi tiga tahunan yang akan diumumkan pekan depan. Bank sentral beranggapan laju ekonomi dan harga-harga sudah sesuai dengan skenario ideal. Kenaikan harga di bulan Oktober dan November juga lebih bagus ketimbang apa yang dikehendaki oleh dewan kebijakan.

Sebagian pelaku pasar beberapa pekan terakhir menekan pihak BOJ untuk mengeluarkan suatu agenda moneter baru guna mempercepat roda ekonomi. Kenaikan pajak penjualan bulan April mendatang dianggap rawan memperlambat aktivitas ekonomi sehingga diperlukan kebijakan lain untuk mengimbangi efek negatifnya.

Jawaban tentang target inflasi bank sentral sangat tergantung pada cara pandang masing-masing anggota dewan kebijakan, terutama dalam menyikapi kinerja nilai tukar Yen. Dollar terpantau pada posisi 104.50 Yen atau sekitar 6% lebih kuat dibandingkan kurs 31 Oktober silam, saat BOJ merilis proyeksi sebelumnya. Rasio pelemahan sebanyak itu berdampak pada kenaikan harga produk impor secara drastis sehingga inflasi inti Jepang naik 1.2% di bulan November, sekaligus melanjutkan kenaikan satu bulan sebelumnya yakni sebesar 0.9%. Fakta inilah yang membuat pemangku kebijakan semakin percaya diri dalam upayanya menraih target inflasi 2%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar