Selasa, 28 Maret 2017

breaking-news Indeks Kepercayaan Konsumen AS melonjak ke 125.6 di bulan Maret, melampaui estimasi 114.0

world-economy  World Economy

Permintaan Domestik Zona Euro Masih Lemah

Rabu, 5 Februari 2014 18:07 WIB
Dibaca 473

Monexnews -

Perekonomian zona Euro tumbuh tidak terlalu pesat dibanding estimasi sebelumnya, sementara itu pelambatan Russia dan Afsel masih menambah kecemasan pemulihan ekonomi global.

Indeks PMI untuk zona Euro, yang mengukur aktivitas sektor manufaktur maupun jasa naik ke level 52.0 di bulan January dibanding 52.1 bulan sebelumnya, memberikan sinyal ekspansi, namun angka bulan January sedikit lebih rendah dibanding estimasi awal 53.2. Survey ini juga mengindikasikan bahwa berbagai bisnis mulai menghentikan pemecatan karyawan dan perbaikan pasar tenaga kerja berpotensi untuk berlanjut.

Di lain sisi, data retail sales anjlok -1.6% di bulan November, sekaligus merupakan penurunan terbesar sejak Mei 2011. Dimana penjualan ritel anjlok tajam di Spanyol dan Portugal.

Secara keseluruhan sinyal pemulihan ekonomi zona Euro dapat mengurangi tekanan untuk pemangkasan bunga ECB dalam waktu dekat, namun data retail sales yang lemah memberikan sinyal permintaan yang lemah sehingga menambah tekanan deflasi di kawasan Eropa terutama yang memiliki tingkat pengangguran cukup tinggi dan adanya upaya penghematan anggaran pemerintah untuk memperbaiki kondisi defisit.

Data – data fundamental ini tentunya akan menjadi pertimbangan bagi ECB yang akan mengadakan rapat kebijakan moneter hari Kamis.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar