Senin, 23 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Perolehan Dana Sukuk Pecah Rekor, Pemerintah RI Senang

Senin, 9 Maret 2015 13:09 WIB
Dibaca 512

Monexnews - Penerbitan surat hutang syariah atau sukuk disambut baik oleh investor non-institusi Indonesia. Tingginya minat kepemilikan surat hutang pemerintah menunjukkan bahwa investor memilih untuk memarkir modal di obligasi ketimbang menaruhnya di deposito berjangka. 

Pemerintah memutuskan untuk menerbitkan sukuk bertenor 3 tahun senilai Rp21,97 triliun. Raihan dana dari obligasi berbunga 8,25% per tahun ini ini melampaui target awal yang sebesar Rp20 triliun sekaligus menandai pecahnya rekor penjualan obligasi tahun lalu yang sebesar Rp19 triliun.

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Aset Hutang, Robert Pakpahan, kepada media, pihaknya senang dengan respon investor terhadap lelang obligasi pemerintah. Hal ini menunjukkan bahwa publik mau mendukung pos pendanaan pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia memang sedang berupaya meningkatkan partisipasi publik di pasar obligasi. Dengan ketersediaan investor yang cukup, tingkat ketergantungan negara terhadap investor asing diharapkan semakin berkurang. Pasalnya, kepemilikan obligasi yang tinggi di pihak asing justru berisiko tinggi seperti aksi jual obligasi dan Rupiah secara besar-besaran di saat investor luar menarik uangnya.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar