Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Pertama Kalinya di 2014, PPI Zona Euro Meningkat

Senin, 4 Agustus 2014 16:18 WIB
Dibaca 323

Monexnews - Untuk pertama kalinya sepanjang tahun 2014, harga barang yang dijual oleh pabrik-pabrik di zona Euro mengalami kenaikan. Angka indeks harga produsen atau producer price index (PPI) edisi Juni menandakan bahwa wilayah pengguna mata uang tunggal mulai pulih dari fase inflasi rendah.

Badan Statistik European Union mengumumkan bahwa producer prices naik 0.1% dibandingkan bulan Mei namun masih lebih rendah 0.8% dibandingkan bulan Juni 2013. Sebagai catatan pada bulan Mei lalu, PPI tahunan anjlok sampai 1.0%.

Kenaikan angka PPI menunjukkan bahwa kecil kemungkinan bagi harga konsumen untuk naik drastis pada beberapa bulan ke depan. Pada hari Kamis lalu, Eurostat menyebut bahwa inflasi tahunan turun menjadi 0.4% di bulan Juli atau level terendahnya sejak Oktober 2009, dan berada di bawah target European Central Bank(<2%). Namun demikian, pakar ekonomi memperkirakan inflasi harga konsumen akan menurun di bulan Agustus atau September. Fakta bahwa terjadi lonjakan harga di level produsen memperkuat prediksi tersebut.

Untuk merespon lambatnya laju pertumbuhan dan inflasi yang rendah, ECB menyediakan stimulus tambahan pada pertemuan bulan Juni kemarin serta menjanjikan dukungan ekstra apabila kondisi masih belum membaik. Kenaikan PPI lebih banyak dipengaruhi oleh kenaikan tarif energi sebanyak 0.5% dibandingkan bea bulan Mei. Pun jika tidak memasukkan komponen herga energi, harga produsen juga tetap meningkat karena harga barang kategori capital goods dan durable consumer goods naik 0.1%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar