Jumat, 26 Mei 2017

breaking-news GDP AS Q1 1.2% vs publikasi awal 0.7%, lebih tinggi dari estimasi 0.9%.

world-economy  World Economy

Pertama Kalinya, Pemerintah Terbitkan Surat Utang Berdenominasi Euro

Kamis, 3 Juli 2014 15:28 WIB
Dibaca 537

Monexnews - Pemerintah telah melakukan transaksi penjualan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenominasi Euro seri RIEUR0721 pada Rabu (7/3). Transaksi ini merupakan bagian dari Program Global Medium Term Notes (GMTN) Republik Indonesia sebesar 25 miliar dolar AS.

Direktur Jenderal Pengelolaan Utang dalam keterangan resminya pada Kamis (3/7) menyebutkan, total penawaran yang masuk (total order book) mencapai 6,7 miliar Euro. “Sehingga terdapat oversubscription sebesar 6,7 kali,” jelasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, nominal yang diterbitkan untuk surat utang dengan tenor 7 tahun ini adalah sebesar 1 miliar Euro. Surat utang yang diterbitkan pada 8 Juli 2014 dan jatuh tempo pada 8 Juli 2021 ini menawarkan yield sebesar 2,976 persen, dengan tingkat kupon sebesar 2,875 persen.

Sebagai informasi, pendistribusian SUN berdenominasi Euro ini tersebar di berbagai negara, di mana 24 persen di antaranya untuk investor Inggris Raya, 24 persen untuk investor Asia, 19 persen untuk investor Jerman dan Austria, 18 persen untuk investor Amerika Serikat, 4 persen untuk investor Swiss, dan 11 persen untuk investor Eropa lainnya.

Sementara itu, berdasarkan jenis investornya, pengalokasian penawaran yang diterima kepada funds/asset managers adalah sebesar 65 persen, bank/private bank sebesar 15 persen, bank sentral/sovereigns sebesar 12 persen, dan asuransi/dana pensiun sebesar 8 persen.

Penjualan Surat Utang Negara dalam denominasi Euro ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia di pasar keuangan internasional. Penerbitan ini dilaksanakan sebagai bagian dari strategi diversifikasi sumber-sumber pembiayaan dan perluasan basis investor global. Hasil dari penerbitan ini digunakan untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2014.(nv)


Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

-disadur tanpa penyuntingan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar