Selasa, 23 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

world-economy  World Economy

Pertemuan Obama-Abe Gagal Hasilkan Kerjasama Produktif

Jumat, 25 April 2014 10:58 WIB
Dibaca 425

Monexnews - Kunjungan Presiden Amerika Serikat ke Jepang kemarin tidak membuahkan kesepakatan ekonomi seperti yang diharapkan oleh pelaku ekonomi. Baik Perdana Menteri Shinzo Abe maupun Presiden Barack Obama hanya mufakat soal cara pandangan terhadap isu-isu keamanan.

Poin utama yang dibahas oleh Shinzo Abe dan Obama di negeri sakura adalah krisis perbatasan antara Jepang dan China yang kerap memanas. Perebutan wilayah maritim dan kepulauan sudah sejak lama menimbulkan perang dingin antara Tokyo dan Beijing. Walaupun langkah negosiasi sudah dilakukan berulangkali, Jepang dan China tetap ngotot mempertahankan argumennya masing-masing.

Dalam pernyataan bersamanya, Abe dan Obama berkomitmen untuk mencermati perkembangan isu perbatasan Jepang-China dan siap bekerjasama dengan pihak Beijing untuk mendapatkan solusi terbaik. Sementara dari sisi kerjasama ekonomi antara Amerika dan Jepang, belum ada perjanjian yang diteken pada pertemuan kemarin. Abe dan Obama hanya memerintahkan jajarannya untuk berdiskusi guna menghasilkan kerjasama perdagangan yang lebih efektif. Pun demikian, Menteri Perekonomian Jepang, Akira Amari, mengaku belum bisa mencapai titik temu dalam proses pembicaraan kerjasama dengan pihak Washington. "Masih ada beberapa perbedaan yang harus diselesaikan," ujarnya kepada awak media.

Adapun pokok pembahasan paling sentral tak lain yaitu soal pakta perdagangan Trans-Pacific Partnership (TPP). Perjanjian kerjasama ekonomi yang melibatkan 12 negara ini terancam ditunda pemberlakuannya apabila Amerika dan Jepang tidak juga mendapat titik temu. Padahal TPP adalah senjata utama Shinzo Abe untuk menuntaskan agenda reformasinya. Sementara bagi Obama sendiri, TPP adalah alat untuk memperluas jangkauan pelaku bisnis Amerika di tanah Asia.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `