Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Pertumbuhan Emerging Markets Solid di Awal Tahun

Rabu, 6 Februari 2013 11:36 WIB
Dibaca 464

Monexnews - Percepatan ekonomi di negara-negara berkembang atau kekuatan ekonomi baru makin kencang di awal tahun 2013. Menurut laporan penelitian terakhir lembaga keuangan HSBC, pertumbuhan emerging markets di bulan Januari sangat positif. 

HSBS Emerging Markets Index merupakan kompilasi data purchasing managers index dari 16 negara berkembang utama dunia. Rilis bulan Januari memperlihatkan bahwa perekonomian emerging markets naik menjadi 53.9 dari 53.0 (Desember). Catatan tersebut adalah poin tertinggi indeks sejak bulan Februari 2012, dan angka di atas 50 mencerminkan ekspansi dalam aktivitas bisnis.

Kemajuan ekonomi negara berkembang merata baik di sektor jasa maupun manufaktur. Aktivitas pabrikan bahkan melesat dalam laju tercepatnya sejak Mei 2011. "Setelah melewati tahun 2012 yang rumit, kondisi ekonomi di negara berkembang terus membaik sejak bulan Agustus," ujar Pablo Goldberg, Kepala Riset HSBC wilayah emerging markets. "Sektor jasa masih konsisten menguat, dan kabar baiknya aktivitas manufaktur juga sedang bangkit," tambah Goldberg. Naiknya permintaan dari luar negeri membantu aktivitas ekonomi emerging markets, yang sesungguhnya sudah tertopang oleh kondisi ekonomi domestik. PMI ekspor berada di atas 50 pada 11 dari 16 negara ekonomi. Level itu tidak terlihat sejak April 2012.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar