Sabtu, 29 Juli 2017

world-economy  World Economy

Pertumbuhan Global Melambat, Pemerintah dan Banggar Sepakat Turunkan Target Penerimaan Pajak

Senin, 30 September 2013 10:17 WIB
Dibaca 282

Monexnews - Pemerintah dan DPR dalam menyusun RAPBN 2014 selalu memperhatikan perkembagan kondisi perekonomian global. Dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi global, beberapa sumber pemasukan untuk keuangan negara banyak yang direvisi. Pemerintah dan Badan Anggaran DPR RI merevisi sumber pemasukan untuk keuangan negara salah satunya dari sektor pajak.

Pemerintah dan Banggar menyepakati turunnya target penerimaan pajak tahun 2014 dari semula sebesar Rp1.310,2 triliun menjadi Rp1.273,4 triliun. Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany mengatakan, turunnya penerimaan pajak tahun 2014 dipengaruhi beberapa faktor di antaranya perlambatan ekonomi global. "Selain itu juga ada pengaruh perubahan indikator asumsi ekonomi makro berdasarkan kesepakatan DPR," katanya.

Perkiraan penerimaan perpajakan di 2014 terdiri atas pajak dalam negeri sebesar Rp1.219,5 triliun dan pajak perdagangan internasional senilai Rp53,9 triliun. Pajak Penghasilan dari sektor non migas memberikan implikasi yang signifikan terhadap turun penerimaan negara dari sektor pajak. 

"Jika terjadi pelemahan ekonomi dunia maka akan berimbas pada menurunnya ekspor RI, ini membuat penerimaan dari PPh non migas terkena dampaknya dengan turun signifikan, sementara sampai saat ini sumber terbesar dari sana (PPh Non Migas)," ungkap Fuad pada Rabu (25/9) malam. (ak)

(art)

 

Sumber: website kementrian keuangan RI - www.depkeu.go.id

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar