Rabu, 28 Juni 2017

world-economy  World Economy

Pertumbuhan Sektor Ekspor Jepang Bertambah Cepat

Kamis, 20 November 2014 8:21 WIB
Dibaca 540

Monexnews - Sektor ekspor Jepang bertumbuh dengan laju paling cepat dalam 8 bulan pada bulan Oktober, sebuah sinyal yang positif bahwa tingkat permintaan global dapat membantu Jepang pulih dari resesi dan menopang outlook ekonomi optimis dari bank sentral. Kenaikan tahunan sebesar 9.6% pada tingkat ekspor di bulan Oktober lebih dari dua kali lipat estimasi ekonom untuk kenaikan sebesar 4.5% dan lebih cepat dari kenaikan sebesar 6.9% di bulan September lalu. Pemerintah dan bank sentral tercengang setelah data pekan ini menunjukkan perekonomian jatuh ke dalam resesi seiring kenaikan pajak penjualan menekan tingkat belanja konsumen dan investasi bisnis. Namun bertumbuhnya sektor ekspor dapat membantu mencerahkan outlook perekonomian.

"Data perdagangan menunjukkan bahwa tingnkat ekspor akan berkontribusi terhadap pertumbuhan pada kuartal keempat dan membantu menutupi sejumlah pelemahan yang ada pada tingkat permintaan domestik Jepang," ucap Shuji Tonouchi strategis fixed income senior pada Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities. Bertambah cepatnya pertumbuhan sektor ekspor juga dapat menjadi pesan positif bagi pemerintah seiring Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan akan menggelar pemilu lebih awal di tengah meningkatnya keraguan mengenai kebijakan ekonominya.
Kenaikan tingkat ekspor Jepang di bulan Oktober disebabkan meningkatnya pengiriman mobil, kapal, dan elektronik, menurut data Menteri Keuangan. Ekspor menuju Asia, yang mencakup lebih dari separuh tingkat ekspor Jepang, naik sebanyak 10.5% di Oktober dari setahun lalu, jauh lebih cepat dari kenaikan sebesar 8.1% di bulan September lalu. Ekspor menuju China melambat menjadi 7.2% di bulan Oktober dari 8.7% pada bulan sebelumnya seiring perlambatan di sana. Tingkat ekspor menuju Amerika Serika naik sebanyak 8.9% di bulan Oktober, dibandingkan kenaikan sebesar 4.4% di bulan September. Tingkat impor naik sebanyak 2.7% di bulan Oktober, lebih rendah dari estimasi sebesar 3.4%. Defisit perdagangan bulan Oktober mencapai 710 milyar yen (3.84 milyar pound), dibandingkan estimasi sebesar 1.05 trilyun yen.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar