Selasa, 12 Desember 2017

world-economy  World Economy

Perundingan Pakta Perdagangan Doha Terancam Kandas

Rabu, 4 Desember 2013 16:14 WIB
Dibaca 350

Monexnews -

Perundingan pakta perdagangan Putaran Doha tampaknya kandas, kecuali jika bisa tercapai kesepakatan di menit-menit terakhir dalam pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang berlangsung selama empat hari di Bali. Kegagalan 159 negara anggota WTO dalam mencapai kesepakatan soal Putaran Doha—yang telah dirundingkan sejak 12 tahun lalu—melambangkan kerugian bagi ekonomi global, yakni hilangnya miliaran dolar yang sebetulnya bisa didapat dari liberalisasi perdagangan.

Keuntungan yang diperoleh akan berasal dari meningkatnya volume perdagangan dunia jika negara-negara sepakat memangkas tarif produk manufaktur, pertanian, dan jasa. Selain itu perbaikan fasilitas perdagangan seperti reformasi prosedur bea dan cukai seharusnya dapat menambah nilai ekonomi global sekitar $117,8 miliar.

Para perunding di Bali berusaha menyelamatkan Putaran Doha dengan menetapkan target berskala lebih kecil, yakni kesepakatan yang hanya fokus dalam perjanjian fasilitas perdagangan. Jika berhasil, masih ada potensi keuntungan yang bisa didapat dari kesepakatan ini.

Mengingat Putaran Doha telah gagal tercapai dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara kini beralih ke kesepakatan bilateral dan regional yang potensinya pun lebih kecil. Misalnya, Amerika Serikat dan Uni Eropa tengah mengejar kesepakatan perdagangan trans-Atlantik. AS juga menjadi bagian dari sejumlah negara Pasifik yang tengah mendiskusikan pakta perdagangan bebas, Kemitraan Trans Pasifik atau TPP. Tercapainya TPP seharusnya akan menyuntikkan stimulus bagi perekonomian AS maupun Jepang.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar