Kamis, 20 Juli 2017

world-economy  World Economy

PM China: China Harus Jaga Momentum Ekonomi

Kamis, 3 Juli 2014 12:06 WIB
Dibaca 492

Monexnews - Perdana menteri China, Li Keqiang, pada hari Rabu (03/07) mengatakan bahwa China masih bisa mengalami bencana ekonomi walaupun secara fundamental, kinerja ekonominya bagus. Indikator ekonomi memang sudah bagus namun pemerintah masih harus berupaya menjaga momentum.

Kepada Reuters, ia mengklaim pemerintah pusat dan daerah sesungguhnya memiliki sumber pendanaan melimpah namun belum sepenuhnya bisa digunakan untuk meningkatkan perekonomian. "Ada dana yang sudah lama menganggur dan harus digunakan sesegera mungkin. Ini demi kepentingan ekonomi dan perbaikan taraf hidup warga," demikian kata orang nomor satu di kabinet Komunis ini.

Li Keqiang menilai bunga untuk investasi sekarang terlalu mahal, sehingga sektor riil terabaikan. Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa bunga kredit harus turun terutama bagi mereka yang mempunyai bisnis kecil dan menengah. Hanya dengan cara itulah, China bisa memenuhi target pertumbuhan ekonomi untuk 2014 dan beberapa tahun ke depan.

Seperti diketahui, aktivitas manufaktur China menyentuh salah satu angka indeks tertingginya di bulan Juni lalu. Hal ini memperkuat asumsi bahwa pertumbuhan di negara ekonomi terbesar ke-dua dunia mulai berjalan baik dan pemerintah akan mengeluarkan kebijakan lanjutan. Pihak pusat sudah mengeluarkan sederet program dalam beberapa bulan terakhir untuk membangkitkan ekonomi domestik, yang pertumbuhannya melemah ke level terendah dalam 18 bulan terakhir di angka 7.4% (kuartal I). Padahal sejak kuartal III 2012, laju pertumbuhan tidak pernah serendah itu.

China menargetkan pertumbuhan ekonomi 7.5% untuk tahun 2014. Sementara analis dan pengamat ekonomi meyakini kalau periode berat sudah dilalui oleh negeri tirai bambu. Akan tetapi paket kebijakan suportif harus tetap ada untuk mengimbangi efek negatif dari penurunan harga properti.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar