Rabu, 24 Mei 2017

world-economy  World Economy

PM China Optimis Buka 10 Juta Lapangan Kerja Baru di 2015

Selasa, 27 Januari 2015 14:34 WIB
Dibaca 588

Monexnews - Perdana Menteri China, Li Keqiang, sesumbar pemerintahannya mampu menciptakan setidaknya 10 juta lapangan kerja baru di tahun 2015. Keyakinan ini diungkapkannya dalam sebuah wawancara dengan media China Daily beberapa saat lalu. 

Meskipun laju pertumbuhan China melambat, PM Li melihat masih ada celah bagi jajarannya untuk mengerek kinerja ekonomi domestik. Salah satu senjata utamanya adalah melalui pembukaan lapangan kerja baru untuk membangun kondisi sosial masyarakat yang sehat. Sebagai catatan, untuk tahun lalu pemerintah sukses membuka sekitar 13 lapangan kerja baru bagi warganya.

"Menurut pengujian di lapangan, ada kemungkinan melonjaknya angka pengangguran yang rentan memicu instabilitas sosial," kata PM China. Oleh karena itulah ia akan sebisa mungkin mendorong pertumbuhan ekonomi dengan berbasis pada penyerapan SDM.

Perekonomian China tumbuh pada laju paling lambatnya dalam 24 tahun terakhir di 2014. Kombinasi antara kelesuan sektor perumahan dan pembengkakan hutang pemda memaksa pemerintah pusat untuk mengambil langkah agresif sesegera mungkin. Di dalamnya termasuk pemangkasan suku bunga akhir tahun lalu guna menggairahkan sektor bisnis.

China menargetkan jumlah pengangguran di kota-kota besar berada di bawah level 4,6% untuk 2014. Meski pemerintah mengklaim target itu tercapai, banyak pengamat sosial dan ekonomi menilai angka itu gagal terpenuhi karena otoritas tidak memasukkan jumlah warga yang bermigrasi dari desa ke kota.

Untuk nilai perekonomian 2015, International Monetary Fund (IMF) memprediksi pertumbuhan Tiongkok sebesar 6,8%. Sementara hasil survei Reuters menghasilkan konsensus di angka 7% untuk tahun ini.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar