Selasa, 23 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

world-economy  World Economy

PM China: Pertumbuhan di Bawah 7.5% Bisa Diterima

Jumat, 18 Juli 2014 11:40 WIB
Dibaca 469

Monexnews -  Perekonomian China saat ini memang tidak lagi sebagus beberapa tahun lalu. Namun begitu, pemerintah menilai pelemahan ekonomi tidak perlu ditakutkan selama kesejahteraan rakyat tetap terpelihara.

Kantor berita Xinhua beberapa saat lalu mempublikasikan pidato perdana menteri Li Keqiang di sebuah simposium ekonomi pekan ini. Menurut Li, ia bisa menerima pertumbuhan ekonomi di bawah target 7.5% asalkan lapangan kerja tidak berkurang dan trend kenaikan upah tetap terjaga. "Saya rasa pertumbuhan di bawah target sah-sah saja, selama kami mampu menciptakan lapangan kerja, menaikkan pendapatan warga, memiliki kualitas dan efisiensi serta bisa menghemat energi dan melindungi lingkungan," ujarnya bijak. Sikap Li Keqiang sejalan dengan harapan pengamat, yang memperkirakan pemerintah tidak akan terlalu ambisius mengejar target pertumbuhan ekonomi.

Beijing diyakini akan lebih fleksibel dan realistis meskipun pada sebuah kunjungan kenegaraan di Inggris bulan Juni, PM Li masih optimis perekonomian negaranya mampu tumbuh 7.5% di 2014. Pernyataannya sempat membuat pelaku pasar was-was karena sektor industri dan jasa China memulai tahun ini dengan kinerja yang kurang memuaskan.

Dalam simposium Selasa kemarin, Li Keqiang juga memuji langkah yang diambil oleh pemerintahannya karena terbukti sukses menggenjot perekonomian khususnya di sektor kredit. Sementara untuk sektor properti, yang dianggap mulai meredup, pemerintah kemungkinan tidak akan mengubah kebijakannya lagi. Li Keqiang kemungkinan akan memerintahkan pemerintah daerah untuk lebih serius melakukan reformasi anggaran serta memperketat aturan bisnis dan birokrasi. "China harus menjaga pertumbuhan ekonomi dalam level aman untuk jangka panjang," kilahnya.



(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `