Kamis, 19 Januari 2017

world-economy World Economy

PM Portugal Kehilangan Dua Menteri dalam Dua Hari

Rabu, 3 Juli 2013 10:15 WIB
Dibaca 381

Monexnews - Pemerintahan Portugal terpaksa kembali merelakan salah satu menterinya lengser dari posisi strategis. Menteri Luar Negeri Paulo Portas, yang juga merangkap sebagai Ketua Partai Koalisi Junior, mundur karena beda pendapat soal pemangkasan anggaran.

Satu hari sebelumnya, perdana menteri Pedro Passos Coelho juga kehilangan menteri keuangan Vitor Gaspar karena alasan serupa. Pengunduran diri dua menteri penting makin memperkuat spekulasi soal perpecahan dalam kabinet dan partai koalisi Portugal.

Dalam surat pengunduran dirinya, Portas menyatakan tidak sepakat dengan kebijakan pemerintah, khususnya dalam hal pemangkasan anggaran. Dalam klausul bailout senilai 78 miliar Euro tahun 2011 silam, Portugal memang dipaksa untuk mengambil langkah efisiensi kejam guna menyeimbangkan neraca keuangan yang terlanjur bobrok. Negara ini telah mengalami resesi selama dua tahun dan perekonomiannya diperkirakan kembali berkontraksi 2.3% tahun 2013.

Guna menghindari adanya pertentangan dalam kabinet, PM Coelho menunjuk menteri keuangan Maria Luis Albequerque sebagai menkeu yang baru. Sementara untuk pengganti Portas, sang kepala pemerintahan belum mengumumkan satu nama. "Saya hormati apa yang dilakukan perdana menteri, namun saya tidak sependapat," ujar Portas dalam pernyataannya. Sudah sejak lama ia memang menentang beberapa poin pemangkasan anggaran, salah satunya adalah wacana kenaikan pajak bagi pensiunan.

Masih belum jelas apa dampak dari pengunduran diri Portas terhadap hubungan Partai CDS-PP dan Sosial Demokrat. Kedua institusi politik ini sudah bersama membangun kabinet dalam dua tahun terakhir dan boleh jadi lengsernya Portas menjadi sinyal pecah kongsi di tengah krisis ekonomi berkepanjangan. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar