Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

PMI Hong Kong Turun karena Iklim Bisnis China Lesu

Kamis, 3 April 2014 11:25 WIB
Dibaca 474

Monexnews - Trend perlambatan ekonomi di China daratan berdampak pada iklim ekonomi di wilayah koloninya, termasuk Hong Kong. Sepinya lalu lintas bisnis membuat indeks purchasing manufacture (PMI) Hong Kong turun di bulan Maret 2014.

PMI manufaktur Hong Kong edisi Maret versi HSBC turun ke level terendah dalam tujuh bulan terakhir dari 53.3 ke level 49.9. Artinya sektor manufaktur dipastikan melambat sesuai angka di bawah 50, yang mencerminkan kontraksi. Penurunan gairah bisnis ditengarai sebagai penyebab mengapa hasil produksi dan volume pesanan baru cenderung berkurang.

"Jelas sekali bahwa apa yang terjadi di Hong Kong merupakan efek negatif dari perlambatan ekonomi China," ujar Ekonom HSBC, John Zhu. Menurutnya, jumlah pesanan produk pabrik di wilayah China daratan memang meningkat namun angkanya sangat rendah atau di bawah rata-rata. "Hasil data PMI dalam beberapa bulan ke depan akan sangat penting karena bisa mencerminkan suatu trend, apakah penurunan aktivitas hanya sementara atau bersifat permanen," tutup Zhu.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar