Selasa, 23 Mei 2017

breaking-news Ifo: Indeks Iklim Bisnis Jerman naik ke 114.6 di Mei dari 112.9 di April, estimasi 113.1.

world-economy  World Economy

PMI Manufaktur RI Capai Rekor Terendah

Rabu, 1 April 2015 11:28 WIB
Dibaca 374

Monexnews - Kinerja sektor industri Indonesia kembali menurun di bulan Maret 2015. Rendahnya minat beli domestik dan permintaan dari luar negeri membuat aktivitas pabrikan lebih lesu dibandingkan periode sebelumnya. 

Di samping itu, faktor pelemahan nilai tukar Rupiah turut membebani pos operasional perusahaan manufaktur. Pasalnya kurs Rupiah yang lebih lemah terhadap Dollar mendorong kenaikan harga-harga komoditas dan bahan baku impor. Hal ini masih sangat membebani pelaku usaha di awal tahun 2015.

Indeks purchasing managers' index (PMI) manufaktur Indonesia anjlok untuk 8 bulan berturut-turut pada periode Maret 2015 ke rekor terendah 46.4. Dengan mengacu pada pada data PMI di 3 bulan pertama tahun ini, maka bisa disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun dari 5,01% (tahunan) yang tercatat di akhir kuartal IV lalu. Beberapa pengamat sudah menyarankan Bank Indonesia untuk memangkas suku bunga guna menggenjot kinerja ekonomi. Namun bank sentral lebih suka membiarkan suku bunga tetap tinggi dengan alasan untuk melindungi nilai tukar Rupiah. Pemangkasan suku bunga memang rawan memicu keluarnya modal dari sistem keuangan Indonesia ke luar negeri, khususnya jelang kenaikan suku bunga acuan Federal Reserve Bank. BI berargumen bahwa depresiasi kurs bagus untuk pemasukan ekspor. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `