Jumat, 20 Oktober 2017

world-economy  World Economy

PMI Manufaktur Swiss Bulan Mei Lampaui Harapan

Senin, 1 Juni 2015 15:20 WIB
Dibaca 3103

Monexnews -Penguatan nilai tukar Dollar memang membebani pelaku usaha di Swiss, terutama mereka yang berkecimpung di sektor ekspor. Namun hasil data di bulan Mei kemarin memperlihatkan kalau pengusaha manufaktur negara itu masih cukup kuat bertahan di tengah trend penurunan kinerja ekonomi. 

Angka Purchasing Managers' Index (PMI) Swiss untuk bulan April naik 1.5 poin dari 47.9 (Maret) menjadi 49.4 (disesuaikan dengan faktor musiman). Angka itu lebih tinggi dibandingkan perkiraan analis yakni pada level 48.1 meski masih di bawah level ekspansif di angka 50.

Untuk pertama kalinya sejak bank sentral mencabut plafon kurs Franc 1.20 per Euro, jumlah pesanan barang-barang dari Eropa meningkat. PMI manufaktur sempat anjlok tajam sampai angka 48 pasca keputusan Swiss National Bank pada tanggal 15 Januari lalu. Mata uang Swiss sendiri masih 14% lebih kuat terhadap Euro dibandingkan ketika pematokan kurs masih berlaku. EUR/CHF kini terpantau di kisaran 1.033 per Euro.

Hasil data PMI Mei bisa dibilang searah dengan hasil laporan KOF terakhir, yang mengukur prediksi ekonomi Swiss untuk 6 bulan ke depan. Lembaga survei KOF bulan Maret lalu mengatakan bahwa perekonomian nasional bisa terhindar dari resesi selama kurs Franc stabil di posisi 1.05 per Euro, meski target pertumbuhan 2015 juga tidak terlalu tinggi yakni hanya di 0,2%. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar