Senin, 23 Januari 2017

world-economy  World Economy

Portugal Gelontorkan Bantuan Untuk Banco Espirito Santo

Senin, 4 Agustus 2014 10:04 WIB
Dibaca 523

Monexnews - Portugal akan menghabiskan dana senilai 4.9 milyar euro (6.58 milyar dollar) untuk menyelamatkan bank terbesarnya, kembali menguji ketahanan zona euro terhadap krisis perbankan hanya beberapa bulan setelah Lisabon berhasil keluar dari bailout internasional. Penyelamatan Banco Espirito Santo, yang diputuskan setelah diskusi antara pihak Portugal dan petinggi Uni Eropa pada akhir pekan lalu, terjadi setelah berita buruk selama beberapa pekan mengenai keadaan keuangan bank tersebut, terutama keterkaitannya pada perusahaan yang dikepalai oleh keluarga Espirito Santo.

Dalam rencana tersebut, Banco Espirito Santo, atau BES, akan dipecah menjadi “bank baik”, yang dinamanakan Novo Banco, dan "bank buruk", yang mana akan menampung keterkaitan BES dengan kerjasaan bisnis Espirito Santo yang bermasalah, yang mana pekan lalu mendorong bank tersebut untuk mencetak rekor kerugian sebesar 3.6 milyar euro. Kerugian pada bank akan disebabkan oleh pemegang saham dan obligasi bank tersebut, termasuk keluarga Espirito Santo, yang memiliki saham sebesar 20%, dan bank Perancis, Credit Agricole yang memiliki saham sebesar 14.6%.

Novo Banco, sebagai bank baru tersebut akan mengalami rekapitalisasi senilai 4.9 milyar euro oleh bank resolusi khusus yang diciptakan tahun 2012 lalu. Negara Portugal akan meminjamkan dana senilai 4.4 milyar euro. Semua nasabah BES akan mendapatkan proteksi begitu juga semua pemegang obligasi senior bank tersebut. Bank sentral Portugal, yang beberapa hari lalu mengatakan bahwa BES dapat direkapitalisasi oleh investor swasta, mengatakan rencana penyelamatant ersebut tidak akan melibatkan dompet public karena pinjaman hanya bersifat sementara. Bank of Portugal memperkirakan pembayaran kembali pinjaman saat Novo Banco akhirnya terjual pada investor swasta. "Rencana ini tidak beresiko bagi keuangan publik atau pembayar pajak," ucap Carlos Costa, gubernur bank sentral Portugal.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar