Selasa, 19 September 2017

world-economy  World Economy

Potensi Deflasi Pada Oktober

Kamis, 5 September 2013 17:13 WIB
Dibaca 455

Monexnews - Potensi terjadinya deflasi di bulan Oktober cukup terbuka dengan mulai menurunnya beberapa harga komoditas pokok. Di mana, dari sisi permintaan mulai mereda karena telah melewati bulan puasa maupun lebaran.

"Deflasi masih mungkin terjadi bulan depan, waktu masih lumayan banyak. Sebetulnya masih bisa turun dari proyeksi," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin di Jakarta, Rabu (4/9).

Ia mengatakan, untuk mengupayakan deflasi ataupun inflasi di bawah proyeksi, masalah ketersediaan dan permintaan harus bisa diatasi. Pasalnya, saat ini ada komoditi yang benar-benar turun dan ada yang masih naik, walaupun kenaikannya lebih rendah dibanding sebelumnya.

Adapun harga emas dan kedelai yang meningkat drastis, sambung dia, menjadi kontributor terbesar dalam mendorong inflasi. "Pemerintah harus ada cara atasi itu, untuk beberapa komoditas yang dominan ada 8 komoditas sudah turun harganya meski ada yang masih naik sekitar 1 koma sekian persen saja. Tapi, yang masih ada kenaikan itu pada 12 komoditas itu, kenaikannya sudah mulai turun dibandingkan Juli," terangnya.

Sejumlah komoditas pangan yang mulai mengalami penurunan harga tercatat pada minggu pertama September 2013 yaitu, bawang merah turun 19,89 persen, cabai merah turun 5,46 persen, cabai rawit turun 9,25 persen, bawang putih turun 1,28 persen, daging sapi turun 0,16 persen, dan telur ayam ras turun 0,38 persen.

Sedangkan untuk komoditas yang masih mengalami kenaikan harga yaitu ikan bandeng, daging ayam ras, beras, dan kedelai yang diakibatkan suplai karena masalah cuaca buruk di beberapa daerah. "Saat ini diperlukan harga tidak melejit karena akan mempengaruhi inflasi. Tapi untuk menghadapi natal dan tahun baru perlu langkah-langkah yang lebih strategis," pungkasnya. (Ans)


sumber: rilis resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.depkeu.go.id


*disadur tanpa perubahan


(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar