Senin, 25 September 2017

world-economy  World Economy

Poundsterling Semakin Kuat, Spekulasi Kenaikan Bunga Merebak

Selasa, 12 September 2017 15:46 WIB
Dibaca 1624

Monexnews -Poundsterling mengalami penguatan terhadap sejumlah mata uang utama global pada perdagangan Selasa ini. Sebelumnya, pada perdagangan Senin kemarin, poundsterling menguat ke level tinggi tiga pekan terhadap euro. Beredar spekulasi bahwa bank sentral Inggris Bank of England (BOE) mungkin mengeluarkan pernyataan hawkish mengenai bunga acuan di pekan ini untuk mengendalikan nilai poundsterling agar tidak terlalu kuat.

Seperti diberitakan Reuters, Selasa (12/9), sterling telah menguat sejak pekan lalu dimana pada Jumat lalu pound menyentuh level terkuat lima pekan terhadap greenback setelah rilis output manufaktur yang melebihi estimasi pasar. Output manufaktur Inggris bulan Juli naik 0.5%, sementara pasar hanya mengestimasi 0.3%, sedangkan bulan sebelumnya mendatar 0.0%.

Karena itu menjelang pertemuan BOE Kamis lusa, beberapa analis dan trader yakin para pejabat BOE akan berpikir mengenai kenaikan bunga mengingat tingginya angka inflasi di Inggris sebagai akibat melemahnya sterling sejak referendum Brexit memenangkan kubu pro keluar Uni Eropa.

Di sisi lain, ekonomi Inggris juga tumbuh kuat, tidak seperti perkiraan pengamat yang memprediksi Inggris akan terpuruk setelah referendum.

"Perkembangan pertumbuhan yang lebih kuat (minggu lalu) harus memberi kepercayaan lebih pada BoE bahwa pertumbuhan ekonomi masih bertahan dengan baik sejak pemungutan suara Brexit," kata Lee Hardman, seorang analis mata uang di Bank of Mitsubishi - UFG Jepang.

Sejak beberapa bulan terakhir pasar berharap BOE menaikkan bunga acuan yang saat ini 0.25% sementara angka inflasi telah melewati target BOE di 2%. Sementara inflasi Agustus diprediksi sebesar 2.8%, lebih tinggi dari inflasi Juli 2.6%. 

 (Irdy)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar