Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

Prancis Resmi Masuk Fase Resesi

Rabu, 26 Juni 2013 16:15 WIB
Dibaca 472

Monexnews - Angka gross domestic product (GDP) Prancis menurun di kuartal pertama 2013. Fakta tersebut kian memastikan bahwa perekonomian di negara ekonomi terbesar ke-dua dunia sudah masuk fase resesi. Demikian hasil laporan badan statistik Prancis beberapa saat lalu. 

Perekonomian Prancis berkontraksi 0.2% di kuartal pertama dibandingkan triwulan terakhir 2012. Pada kuartal IV tahun lalu, GDP juga turun 0.2% dibandingkan triwulan sebelumnya seperti dilaporkan oleh kantor statistik Insee. Sepanjang tahun 2009, perekonmian Prancis sebenarnya sudah mengalami GDP negatif, namun negara ini tidak sampai masuk ke dalam resesi karena penurunan kinerja ekonomi tidak terjadi selama dua kuartal beruntun.

Data GDP hari Rabu memastikan bahwa data laporan awal kuartal I yang dirilis Mei lalu memang sudah akurat. Kabar ini tentu bukan suatu berita bagus bagi pemerintah Paris, yang sedang giat mengurangi defisit dan memperluas lapangan pekerjaan.

Presiden Francois Hollande masih mempertahankan target pengurangan angka pengangguran. Namun Insee pekan lalu memproyeksikan bahwa angka pengangguran tetap akan melonjak lebih dari 11.1% pada akhir tahun ini. Insee juga meramalkan ekonomi Prancis meningkat perlahan mulai kuartal II tahun ini meskipun secara tahunan, GDP 2013 diprediksi lebih rendah 0.1% dibanding tahun 2012.

Berbagai komponen ekonomi Prancis memang sedang buruk-buruknya. Consumer spending turun 0.1% di kuartal perdana 2013 dibanding kuartal sebelumnya. Sementara ekspor melemah 0.4% dan investasi perusahaan non-keuangan anjlok 1%. Kurs EUR/USD saat ini terpantau di level 1.3043.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar