Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

PresDir Astra International Dukung Kenaikan Harga BBM

Jumat, 21 November 2014 9:02 WIB
Dibaca 2301

Monexnews - Kepala distributor otomotif terbesar di Indonesia mendukung keputusan pemerintah untuk memangkas subsidi bahan bakar, meski dapat berdampak pada pendapatan perusahaan. "saya selalu mendukung subsidi bahan bakar dihilangkan atau setidaknya dikurangi," ucap Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Astra International." "Dalam jangka menengah hingga panjang, hal tersebut akan menguntungkan negara. Jika perekonomian membaik, penjualan mobil dan motor juga meningkat."

Pada hari Senin, Presiden Indonesia Joko Widodo mengumumkan kenaikan sekitar 30% pada harga bensin yang disubsidi menjadi 8,500 rupiah (sekitar $0.70) per liter dan sebesar 36% pada harga solar menjadi 7,500 rupiah per liter. Setelah langkah tersebut, laju inflasi diperkirakan akan naik sebanyak 2% menjadi 7.3% tahun ini, menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.
Untuk industri otomotif, melemahnya daya beli konsumen Indonesia mungkin akan mengikis tingkat penjualan mobil. Namun Sugiarto tidak cemas. "Mungkin kenaikan harga BBM akan berdampak pada penjualan kami, namun itu hanya dalam jangka pendek... sekitar 2 atau 3 bulan dan pasar akan kembali pulih," ucap Sugiarto. "Saat pemerintah Indonesia menaikkan harga bahan bakar di tahun 2005 silam, pasar otomotif turun sebanyak 40% di tahun 2006. Nmaun jangan lupa, gross domestic product (GDP) per kapita saat itu hanya $1,500 hingga $1,700. Saat ini GDP mencapai $3,500 per kapita."

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar