Minggu, 26 Maret 2017

world-economy  World Economy

Presiden Ajak Pemda Kendalikan Inflasi

Kamis, 28 Mei 2015 11:59 WIB
Dibaca 3121

Monexnews - Presiden Joko Widodo menenkankan pentingnya pengendalian inflasi, di samping tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. “Pengendalian inflasi tidak kalah penting dengan pertumbuhan ekonomi. Percuma pertumbuhan ekonomi misalkan lima (persen), tetapi inflasi 12 (persen),” kata Presiden dalam Rapat Koordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) VI di Hotel Sahid, Jakarta pada Rabu (27/5).

Pengendalian inflasi memang memerlukan koordinasi antarberbagai pihak. Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah pun memegang peranan penting dalam pengendalian inflasi.

Oleh karena itu, dalam rangka pengendalian inflasi, Presiden berpesan agar pemerintah daerah dapat melakukan identifikasi mengenai penyebab terjadinya inflasi di masing-masing daerahnya. “Tiap daerah yang berkontribusi tinggi terhadap inflasi harus dapat melihat hal (yang) menyebabkan inflasi di daerahnya,” jelas Presiden.

Untuk meredam inflasi, lanjutnya, pemerintah daerah juga perlu menganggarkan dana khusus untuk menggelar operasi pasar. Selama ini, operasi pasar biasanya dilakukan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog). Namun, dengan partisipasi pemerintah daerah, presiden meyakini, tingkat inflasi dapat lebih diredam lagi.

“Daerah harus menganggarkan dana untuk operasi pasar, ini penting sekali. Apabila misal cabai harganya mahal, terus dipasok dengan cabai, beras mahal dipasok dengan beras. Selama ini hanya Bulog yang melakukan ini, tapi kalau Pemda turut serta melakukan ini saya kira inflasi dapat kita tekan serendah-rendahnya,” katanya.(nv)

 

Sumber: rilis berita Kementerian Keuangan Republik Indonesia

www.kemenkeu.go.id

*Disadur tanpa penyuntingan (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar