Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Presiden ECB: Perlambatan Ekonomi Euro Bukan Tanggung Jawab Kami

Rabu, 26 Juni 2013 15:57 WIB
Dibaca 376

Monexnews - European Central Bank (ECB) berulangkali menyerukan semua pihak untuk tidak menggantungkan harapan terlalu besar terhadap otoritas. Dalam pernyataannya hari ini, Presiden ECB menegaskan pihaknya tidak bertanggungjawab atas perlambatan ekonomi dan penurunan daya saing pelaku bisnis Eropa.

Mario Draghi meminta seluruh negara Uni Eropa untuk memperbaiki kinerja ekonominya sendiri. ECB hanya berupaya membantu perekonomian kawasan via aksi moneter suportif. "Kebijakan moneter tidak bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi riil," ujarnya di hadapan media hari ini. Ia meminta negara Eropa tidak melulu berharap akan adanya langkah strategis dari bank sentral untuk memajukan daya saing. "Apabila pertumbuhan melambat karena ekonomi melemah atau perusahaan kehilangan pangsa pasar, itu semata bukan tanggung jawab bank sentra," urainya. Menurut Draghi, kinerja pertumbuhan di luar kapasita ECB sebagai sebuah lembaga.

Bank-bank sentral zona Euro sejauh ini mendukung apa yang dilakukan oleh ECB, termasuk program Outright Monetary Transactions, yang membuka ruang bagi ECB untuk membeli obligasi pemerintah dalam kondisi tertentu. Skema bantuan ini telah memperbaiki kondisi di pasar keuangan dan kepercayaan investor di zona Euro. OMT juga turut menciptakan stabilitas di pasar obligasi Eropa.

"ECB melakukan apapun untuk membangun stabilitas pasar dan mendongkrak perekonomian," kilah Draghi. Ia mengklaim berbagai kemajuan di zona Euro mulai terlihat seiring waktu berjalan.

Pun demikian, sang presiden bank sentral meminta berlanjutnya reformasi struktural, konsolidasi fiskal dan relai ekonomi kuat antar anggota Euro. Draghi menyebut European banking union sebagai salah satu wujud integrasi. Pemerintah juga diminta sesegera mungkin menyelesaikan program penyelamatan bank-bank gagal. Nilai tukar EUR/USD terpantau berada di level 1.3043. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar